Pencarian Koleksi Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Informasi Detail

Call Number : Tri p
Judul : Perbedaan Self Regulated Learning Pada Siswa Ditinjau dari Metode Pembelajaran Yang digunakan Guru di Dua Sekolah Menengah Atas di Yogyakarta (Tinjauan Terhadap Metode Student Contered Learnig Teacher
Judul Asli :
Judul Seri :

Pengarang : TRIA AMALIA PUTRI\04320068
PEMBIMBING: Kuwato Toto
Qudsyi Hazhira
Subyek : 1.SELF-REGULATED LEARNING
2.STUDENT CENTERED LEARNING
3.TEACHER CENTERED LEARNING

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan self-regulated learning antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode student centered learning dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode teacher centered learning oleh guru mereka berdasarkan penggunaan strategi kognitif, metakognitif dan pengaturan diri, manajemen sumber, dan motivasi. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada perbedaan tingkat self-regulated learning berdasarkan penggunaan strategi kognitif, metakognitif dan pengaturan diri, manajemen sumber, dan motivasi antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran student centered learning (berpusat pada siswa) dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran teacher centered learning (berpusat pada guru). Subyek penelitian ini adalah 82 siswa kelas X, kelas XI, dan kelas XII, masing-masing terdiri dari 41 siswa SMA ?17?1 Yogyakarta dan 41 siswa SMA Negeri 3 Yogyakarta. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala self-regulated learning, disusun oleh peneliti berdasarkan aspek-aspek self-regulated learning menurut Pintrich (1999). Data metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru dimasing-masing sekolah diperoleh melalui observasi. Pada penelitian ini, uji hipotesis menggunakan teknik Independent Sample T-test serta menggunakan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Hasil analisis menunjukkan nilai penggunaan strategi kognitif adalah t = 0,651 dengan p = 0,363, pada strategi metakognitif : t = 0,397 dengan p = 0,346, strategi manajemen sumber : t = 0,992 dengan p = 0,162, dan pada strategi motivasi : t = 1,483 dengan p = 0,071. Hasil tersebut menunjukkan semua p ] 0,05, sehingga tidak ada perbedaan tingkat self-regulated learning berdasarkan penggunaan strategi kognitif, metakognitif dan pengaturan diri, manajemen sumber, dan motivasi antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode pengajaran student centered learning (berpusat pada siswa) dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode pengajaran teacher centered learning (berpusat pada guru), maka hipotesis yang diajukan oleh peneliti tidak dapat diterima. Kata kunci : self-regulated learning, student centered learning, teacher centered learning

Lokasi : Perpustakaan Pusat UII
Jenis : Skripsi
DDC :

Penerbit : Program Studi Psikologi FPSB UII
Tahun Terbit : 2012

ISBN / ISSN : /
Jumlah Eksemplar : 0
Jumlah Tersedia : 0
Jumlah Ditempat : 0

Informasi Digital
Abstrak : abstract.pdf
Cover : cover.pdf
Daftar isi : daftar isi.pdf
Preliminary : preliminari.pdf

Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, Jl Kaliurang KM 14,4 Besi Sleman Yogyakarta 55584 - Indonesia
Telp: +62 274 898444 fax:898459
Copyright @Maret 2011 Digital Library Universitas Islam Indonesia