Technology (Applied sciences)

Informasi Detail

Call Number : 658.5 Rif a
Judul : Analisis Asosiasi Merek Laptop Acer, Compaq dan Toshiba bagi Mahasiswa Fakultas Ekonomi UII
Judul Asli :
Judul Seri :

Pengarang : RIFINA MARHAENDY\05311452
PEMBIMBING: HARDJANTI SRI
Subyek : 1.Manajemen Produksi

Abstrak : Penelitian skripsi ini mengambil judul: ?Analisis Asosiasi Merek Laptop Acer, Compaq dan Toshiba Bagi Mahasiswa Fakultas Ekonomi UII?. Latar belakang dari penelitian skripsi ini adalah mulai munculnya persaingan yang ketat di dunia bisnis tidak hanya terbatas pada kualitas produk, tetapi citra merek dari produk itu sendiri perlu diperhatikan. Citra merek yang kuat yang dimiliki oleh perusahaan berdampak pada kemampuan daya saing perusahaan yang memungkinkan perusahaan dapat merebut dan memenangkan persaingan dengan pesaingnya. Merek sebenarnya merupakan janji penjual untuk secara konsisten memberikan tampilan, manfaat, dan jasa tertentu kepada pembeli. Keunggulan bersaing yang di dasarkan pada fungsi merek dapat menghasilkan citra merek yang positif serta menciptakan keunggulan kinerja dan profitabilitas perusahaan, laba jangka panjang dan potensi pertumbuhan. Dengan menggunakan 96 responden pada laptop Acer, Compaq dan Toshiba di kampus fakultas Ekonomi UII, peneliti mencoba untuk mengidentifikasi variabel dan atribut produk yang dapat dijadikan asosiasi pada masing ? masing merek laptop dan menentukan ada tidaknya perbedaan asosiasi merek masing ? masing laptop berdasarkan karakteristik responden yang terdiri dari usia dan pendapatan. Data diambil dengan kuisioner yang disebarkan kepada 96 responden yang mengetahui dan memahami masing ? masing merek laptop. Peneliti menggunakan metode Cochran dan Chi Square dengan SPSS versi 13. Hasil pengujian Cochran dengan taraf signifikansi 5% diperoleh hasil 12 asosiasi yang didapat merek acer. Sedangkan pada merek Compaq dan Toshiba masing ? masing secara berturut - turut mempunyai 5 asosiasi dan 12 asosiasi. Sedangkan pada uji chi square yang bertujuan untuk menentukan ada tidaknya perbedaan asosiasi merek yang telah diperoleh dari hasil analisisi cochran berdasarkan karakterisitik konsumen, didapat hasil bahwa kelompok responden pria pada produk laptop acer merupakan produk yang nyaman dan handal pada karakteristik jenis kelamin dan kelompok pendapatan di bawah Rp 1.000.000 menyatakan produk laptop acer memiliki citra yang baik. Sedangkan pada laptop Compaq tidak ditemukan perbedaan karakteristik konsumen terhadap masing ? masing asosasi yang ada pada masing ? masing merek laptop tersebut. Pada karakteristik jenis kelamin laki ? laki menyatakan bahwa laptop Toshiba merupakan laptop yang suku cadangnya terjangkau pada karakteristik jenis kelamin. Kata Kunci : Ekuitas merek, Citra merek, Asosiasi merek

Lokasi : Perpustakaan Pusat UII
Jenis : Skripsi
DDC : 658.5

Penerbit : UII
Tahun Terbit : 2011

ISBN / ISSN : 05311452 /
Jumlah Eksemplar : 0
Jumlah Tersedia : 0
Jumlah Ditempat : 0

Informasi Digital
Abstrak : abstract.pdf
Cover : cover.pdf
Daftar isi : daftar isi.pdf
Preliminary : preliminari.pdf

Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, Jl Kaliurang KM 14,4 Besi Sleman Yogyakarta 55584 - Indonesia
Telp: +62 274 898444 fax:898459
Copyright @Maret 2011 Digital Library Universitas Islam Indonesia