Natural sciences and mathematics

Informasi Detail

Call Number : 511 Per a 2012 - 1
Judul : Alternatif Desain Jembatan Kretek II Dengan Sistem Cable Stayed
Judul Asli :
Judul Seri :

Pengarang : PERKASA RAMA BAGUS
PEMBIMBING: SUHARYATMO
Subyek : 1.DESAIN JEMBATAN KRETEK II
2.SISTEM CABLE STAYED

Abstrak : ABSTRAK Jembatan adalah suatu fasilitas bangunan jalan yang berfungsi mendukung lalu lintas jalan raya atau beban-beban yang bergerak di atas suatu rintangan atau tempat rendah seperti danau, sungai, terusan, jalan raya atau kombinasi semuanya. Pada awalnya, jembatan Kretek II didesain dengan menggunakan tipe balok pelengkung bawah. Kemudian pada penulisan tugas akhir ini, jembatan tersebut sengaja didesain menggunakan tipe cable stayed. Jembatan tipe cable stayed adalah salah satu alternatif rancangan baru jembatan dikarenakan bentuknya yang artistik dan memiliki nilai investasi tinggi. Desain jembatan yang akan direncanakan mempunyai bentang total 210 m dengan lebar rencana 20 m dan ketinggian lantai jembatan terhadap muka air sungai ? 5 m. Hasil perencanaan jembatan ini meliputi perencanaan struktur atas jembatan yaitu slab/lantai jembatan, pylon, struktur kabel, dan gelagar jembatan (stringer, cross girder, main girder). Desain slab/lantai jembatan dengan lebar 20 m dan tebal 0,2 m. Desain pylon jembatan dengan tinggi 25 m. Desain kabel jembatan pada masing-masing bidang dengan jumlah bentang 20 buah dan diameter kabel 0,015 m. Desain stringer dengan dimensi 0,5 m x 1 m dan panjang 10,5 m. Desain balok melintang (cross girder) dengan dimensi 1 m x 2 m dan panjang 20 m. Desain balok utama (main girder) dengan dimensi 1,5 m x 3 m dan panjang 210 m. Kemudian struktur bawah jembatan terdiri dari kepala jembatan/abutment, pier, dan fondasi. Desain abutment dengan tinggi 9,2 m, lebar 6 m, dan panjang arah melintang 20 m. Desain pier jembatan dengan dimensi 3 m x 6 m dan tinggi 10 m. Desain fondasi yang digunakan adalah fondasi bore pile pada pier dengan jumlah tiang 16 buah, tinggi 18 m dan diameter 1,5 m, dan fondasi bore pile pada abutment dengan jumlah tiang 12 buah, tinggi 30 m dan diameter 1,5 m. Kata kunci: jembatan, cable, main girder, pylon, bore pile. ABSTRACT A bridge is a structure built to span physical obstacles such as a body of water, valley, road, and combination of them for the purpose of providing passage over the obstacle. Kretek II bridge was designed with arch bridge type. In this final assignment, this bridge will be redesigned using cable stayed bridge type. Cable stayed bridge is one of the new design alternative for bridge that has an artistic and investment point as advantage. This bridge will be designed with total span of 210 m, total width of 20 m and 5 m above water surface level. The design output consist of bridge superstructure such as slab, pylon, cabel structure, and girder (stringer, cross girder, main girder). Slab width is 20 m and depth is 0,2 m. Pylon dimension is 4 m x 3 m and height is 25 m. Cable design result for each side is 20 spans and the cable diameter is 0,015 m. Stringer width is 0,5 m, depth is 1 m and length is 10,5 m. Cross girder width is 1 m, depth is 2 m, and length is 20 m. Main girder width is 1,5 m, depth is 3 m, and length is 210 m. The bridge substructure consist of abutment, pier, and foundation. Abutment height is 9,2 m, width is 6 m, and length is 20 m. Pier dimension is 3 m x 6 m and height is 10 m. Pier foundation is supported 16 bore piles, of 18 m depth and 1,5 m diameter, the abutment is supported 12 bore piles, of 30 m depth in the same diameter. Key words: Bridge, cable, main girder, pylon, bore pile.

Lokasi : Perpustakaan Pusat UII
Jenis : Skripsi
DDC : 511

Penerbit : Jurusan Teknik Sipil FTSP UII
Tahun Terbit : 2012

ISBN / ISSN : /
Jumlah Eksemplar : 1
Jumlah Tersedia : 0
Jumlah Ditempat : 0

Informasi Digital
Abstrak : abstract.pdf
Cover : cover.pdf
Daftar isi : daftar isi.pdf
Preliminary : preliminari.pdf

Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, Jl Kaliurang KM 14,4 Besi Sleman Yogyakarta 55584 - Indonesia
Telp: +62 274 898444 fax:898459
Copyright @Maret 2011 Digital Library Universitas Islam Indonesia