Informasi Detail
Call Number | : | 422 Wic m 2012 - 1 |
Judul | : | Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Anak Tuna Grahita di SLB Negeri I Yogyakarta |
Judul Asli | : | |
Judul Seri | : | |
|
||
Pengarang | : | WICAKSONO \07422024 SATRIA PEMBIMBING: EFFENDI IMAM |
Subyek | : | 1.PENDIDIKAN LUAR BIASA (KHUSUS) 2.PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 3.ANAK TUNA GRAHITA |
|
||
Abstrak | : | Pendidikan agama Islam merupakan kewajiban bagi setiap muslim baik dalam keadaan fisik dan mental yang normal maupun yang memiliki kelainan fisik maupun mental. Persoalan pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak tuna grahita, berbeda dengan anak normal lainnya, karena anak tuna grahita memiliki kelainan mental sehingga sulit mampu memahami materi pendidikan agama Islam yang diberikan oleh pendidik, yaitu dengan menerapkan metode pembelajaran yeng berbeda dengan anak normal lainnya. Pendidik harus memiliki kemampuan atau bekal untuk mendidik anak tuna grahita. Berangkat dari persoalan ini, penulis ingin meneliti metode pembelajaran pendidikan agama Islam yang tepat bagi anak tuna grahita di SLB Negeri I Yogyakarta. Selain itu, apa saja kendala yang didapatkan oleh seorang pendidik dalam memberikan materi pembelajaran pendidikan Islam bagi anak tuna Grahita di SLB Negeri I Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipan (partisipan observer) dengan pola pengamatan sebagai pemeran serta, wawancara terstruktur dimana peneliti mempersiapkan bahan pertanyaan terlebih dahulu dan dokumen. Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan adalah konsep yang diberikan oleh Miles dan Huberman yaitu aktifitas dalam analisis data kualitaif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus pada setiap tahapan penelitian sehingga sampai pada analisis data, yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing. Penelitian ini tidak menggunakan teknik sampel dikarenakan jumlah populasi yang tidak terlalu banyak sehingga cukup menggunakan jumlah keseluruhan populasi yang terdiri dari staf pengajar sebanyak 1 orang yaitu Guru Pendidikan Agama Islam SLB Negeri I Yogyakarta, Guru BP, dan 6 orang murid kelas IV SDLB C. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa para pendidik sudah memiliki keahlian dalam menggunakan beberapa metode pembelajaran pendidikan agama Islam di SLB Negeri I Yogyakarta, salah satunya dengan media ular tangga. Terbukti para murid kelas IV SDLB C sangat antusias mengikuti pembelajaran yang disampaikan oleh guru dengan media ular tangga ini. Dengan metode ini terbukti dapat melatih ingatan dan pemahaman terhadap materi yang disampaikan oleh guru dengan cara yang menyenangkan. |
|
||
Lokasi | : | Perpustakaan Pusat UII |
Jenis | : | Skripsi |
DDC | : | 422 |
|
||
Penerbit | : | Program Studi Pendidikan Agama Islam FIAI-UII |
Tahun Terbit | : | 2012 |
|
||
ISBN / ISSN | : | / |
Jumlah Eksemplar | : | 1 |
Jumlah Tersedia | : | 0 |
Jumlah Ditempat | : | 0 |
|
||
Informasi Digital | ||
Abstrak | : | abstract.pdf |
Daftar isi | : | daftar isi.pdf |
Preliminary | : | preliminari.pdf |