Language

Informasi Detail

Call Number : 422 Has m 2011 - 1
Judul : Metode Pengajaran Wudlu dan Shalat pada Anak Berkebutuhan Khusus (Tunanetra, Tunarungu, Tunagrahita) di SLB Negeri I Bantul
Judul Asli :
Judul Seri :

Pengarang : HASANAH\06422010 YENNY MERINATUL
PEMBIMBING: Hujair A H Sanaky\834220103 Drs. H., MSI.
Subyek : 1.METODE PENGAJARAN
2.THAHARAH
3.SHALAT

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode yang digunakan guru Pendidikan Agama islam untuk menyampaikan materi pelajaran agama Islam khususnya materi wudlu dan shalat terhadap anak tunanetra, tunarungu, tunagrahita di SLB Negeri 1 Bantul, serta untuk mengetahui hasil pelajaran agama islam materi wudlu dan shalat. Subjek utama dalam penelitian ini adalah guru agama Islam yang berjumlah 3 orang guu Agama dan subjek pendukungnya adalah peserta didik tingkat SMPLB kelas 7 dan 8 tunanetra 1 peserta didik, tunarungu 15 peserta didik dan tunagrahita 13 peserta didik, jumlah keseluruhan subjek penelitian adalah 32 informan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, melalui penelitian lapangan, dimana penulis meneliti secara langsung di tempat penelitian. tekhnik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi participant dan in-depth interview. Dalam melakukan analisis, penulis menggunakan tekhnik analisis deskriftif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) metode mengajar PAI yang diberikan di SLB Negeri 1 Bantu Yogyakarta sama dengan metode mengajar yang diberikan pada sekolah-sekolah anak normal, walaupun metode ceramah, metode tanya jawab, dan metode demostrasi yang sudah biasa digunakan guru pendidikan agama Islam dalam sehari-harinya sudah diterapkan dengan maksimal namun tetap mendapatkan kendala diantaranya karena faktor keadaan peserta didik, latar belakang peserta didik dari segi agama keluarga, sehingga mempengaruhi hasil pembelajaran. metode khusus penyampaian pelajaran agama Islam untuk tunanetra dan tunagrahita belum ditemukan sedangkan tunarungu menggunakan metode khusus metode isyarat dan metode oral. (2) hasil dari metode pengajaran pendidikan agama Islam yang diperoleh peserta didik masih dalam kategori kurang maksimal dikarenakan keadaan peserta didik dan variasi yang digunakan guru adalah metode bermain dan bernyanyi. Keyword: Metode Pengajaran Wudlu dan Shalat pada Anak Berkebutuhan Khusus (Tunanetra, Tunarungu, Tunagrahita).

Lokasi : Perpustakaan Pusat UII
Jenis : Skripsi
DDC : 422

Penerbit : Program Studi Pendidikan Agama Islam FIAI-UII
Tahun Terbit : 2011

ISBN / ISSN : /
Jumlah Eksemplar : 1
Jumlah Tersedia : 0
Jumlah Ditempat : 0

Informasi Digital
Abstrak : abstract.pdf
Cover : cover.pdf
Daftar isi : daftar isi.pdf
Preliminary : preliminari.pdf

Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, Jl Kaliurang KM 14,4 Besi Sleman Yogyakarta 55584 - Indonesia
Telp: +62 274 898444 fax:898459
Copyright @Maret 2011 Digital Library Universitas Islam Indonesia