Social sciences

Informasi Detail

Call Number : 371.3 Ali h
Judul : Hubungan Prestasi Belajar Dengan Pola Kepribadian Tipe A Dan Tipe B Pada Mahasiswa FK-UII Angkatan 2001
Judul Asli :
Judul Seri :

Pengarang : ALIWARDANI AMBAR
PEMBIMBING: DOSEN KEDOKTERAN\017110001 ,
Mulyaningrum Utami
Subyek : 1.Metode Belajar Mengajar
2.Kegiatan Belajar Mengajar

Abstrak : Latar belakang penelitian : Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar berasal dari luar dan dalam individu. Kepribadian merupakan salah satu faktor dalam individu yang mempengaruhi prestasi belajar. Kepribadian tipe A adalah suatu kecenderungan perilaku dengan ciri-ciri tidak sabar, kompetitif, ambisius, perfeksionis, sangat setia terhadap pekerjaan dan tidak cepat puas dengan hasil pekerjaannya. Kepribadian tipe B cenderung lebih santai, kurang agresif, tidak tergesa-gesa dan kurang tangkas dalam bekerja keras untuk mencapai suatu tujuan dibandingkan dengan orang dengan kepribadian tipe A Tujuan penelitian : Mengetahui adanya hubungan prestasi belajar pada mahasiswa FK UII angkatan 2001 dengan pola kepribadian tipe A dan tipe B. Metode penelitian : Penelitian ini merupakan studi observasional (non eksperimental) dan dilakukan secara cross sectional . Subyek penelitian mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia angkatan 2001 yang tercatat sebagai mahasiswa dengan status aktif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengisian kuesioner Structured Interview, sedangkan data prestasi belajar adalah data sekunder yang merupakan Indeks Prestasi Kumulatif mahasiswa. Analisis data yang digunakan untuk pengolahan data penelitian ini adalah Chi square dan uji Mann-Whitney. Hasil : Berdasarkan uji Chi square (X2) diketahui bahwa nilai X2 hitung dan probabilitas yang dihasilkan adalah 0,027 dan 0,869. Uji Mann Whitney didapatkan angka probabilitas 0,869. Kesimpulan : Tidak terdapat hubungan antara prestasi belajar pada mahasiswa FK UII angkatan 2001 dengan pola kepribadian tipe A dan tipe B. Mahasiswa dengan kepribadian tipe A mempunyai prestasi belajar yang tidak berbeda dengan kepribadian tipe B. Kata kunci : kepribadian tipe A, kepribadian tipe B, prestasi belajar

Lokasi : Perpustakaan Pusat UII
Jenis : Skripsi
DDC : 371.3

Penerbit : UII
Tahun Terbit : 2011

ISBN / ISSN : 01711208 /
Jumlah Eksemplar : 0
Jumlah Tersedia : 0
Jumlah Ditempat : 0

Informasi Digital
Abstrak : abstract.pdf
Cover : cover.pdf
Daftar isi : daftar isi.pdf

Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, Jl Kaliurang KM 14,4 Besi Sleman Yogyakarta 55584 - Indonesia
Telp: +62 274 898444 fax:898459
Copyright @Maret 2011 Digital Library Universitas Islam Indonesia