Philosophy, paranormal phenomena, psychology

Informasi Detail

Call Number : 155.4 Kur p
Judul : Pengaruh Permainan Pura-Pura Terhadap Kemampuan Penyesuaian Diri Anak Pra-Sekolah
Judul Asli :
Judul Seri :

Pengarang : Kurniasari - 04320312 Arnis Fatkhi
PEMBIMBING: Gusniarti Uly
Subyek : 1.Child Psychology
2.Psikologi Anak

Abstrak : xvi PENGARUH PERMAINAN PURA-PURA TERHADAP KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI ANAK PARA SEKOLAH Arnis Fatkhi Kurniasari Uly Gusniarti INTISARI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kegiatan permainan pura-pura terhadap kemampuan penyesuaian diri anak pra sekolah. Hipotesis dalam penelitian ini ada pengaruh dalam kegiatan permainan pura-pura terhadap kemampuan penyesuaian diri pada anak pra sekolah. Subjek yang diberi perlakuan permainan purapura adalah subjek dengan kemampuan penyesuaian diri yang rendah dibanding dengan temannya berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh guru dengan menggunakan alat ukur yang dibuat oleh peneliti yaitu behavioral checklist kemampuan penyesuaian diri. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas B1 TK Al Amin dan TK NDM/Froebel Surakarta. Adapun alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Behavioral Checklist yang disusun oleh peneliti berdasarkan aspek kemampuan penyesuaian diri dari Hurlock (1997) yang berjumlah 37 aitem. Metode penelitian yang akan dilakukan peneliti dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen kuasi dengan desain two group pretest-posttest design. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji hipotesis dengan menggunakan uji Wilcoxon yaitu analisis untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan penyesuaian diri pada subjek sebelum dan setelah perlakuan diberikan dan uji Mann-Whitney untuk mengetahui perbedaan kemampuan penyesuaian diri sebelum dan setelah perlakuan diberikan antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen. Penghitungan dan analisis dilakukan dengan menggunakan SPSS 16.0 for windows. Uji hipotesis menunjukkan nilai p=0,068 (p]0,05) yang artinya tidak ada pengaruh yang signifikan antara subjek yang diberi perlakuan dengan subjek yang tidak diberi perlakuan permainan pura-pura, atau dengan kata lain tidak ada perbedaan kemampuan penyesuaian diri antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen. Pada kelompok eksperimen menunjukkan signifikansi 0,080 sehingga p]0,05 yang artinya pada kelompok eksperimen menunjukkan tidak ada peningkatan kemampuan penyesuaian diri yang sangat signifikan. Sehingga hipotesis dalam penelitian ini ditolak. Kata kunci: Permainan Pura-pura, Kemampuan Penyesuaian Diri.

Lokasi : Perpustakaan Pusat UII
Jenis : Skripsi
DDC : 155.4

Penerbit : UII
Tahun Terbit : 2011

ISBN / ISSN : 04320312 /
Jumlah Eksemplar : 0
Jumlah Tersedia : 0
Jumlah Ditempat : 0

Informasi Digital
Abstrak : abstract.pdf
Cover : cover.pdf
Daftar isi : daftar isi.pdf
Preliminary : preliminari.pdf

Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, Jl Kaliurang KM 14,4 Besi Sleman Yogyakarta 55584 - Indonesia
Telp: +62 274 898444 fax:898459
Copyright @Maret 2011 Digital Library Universitas Islam Indonesia