Philosophy, paranormal phenomena, psychology

Informasi Detail

Call Number : 158.1 Oho b
Judul : Big Five Personality Dengan Kecanduan Internet
Judul Asli :
Judul Seri :

Pengarang : Ohorella - 04320134 Rizky Avianty
PEMBIMBING: Nu'man Thobagus Mohammad
Subyek : 1.Perbaikan Pribadi

Abstrak : Big Five Personality Dengan Kecanduan Internet RIZKY AVIANTY OHORELLA THOBAGUS. M. NU.MAN INTISARI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai fenomena faktor big five personality dengan kecanduan terhadap internet. Asumsi awal yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara neuroticism dan openness to experience dengan kecanduan internet dan ada hubungan negatif antara extraversion, agreeableness dan conscientiousness dengan kecanduan internet. Semakin tinggi big five personality maka semakin tinggi kecanduan internet. Sebaliknya, semakin rendah big five personality maka semakin rendah pula kecanduan internet. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa pengguna internet berusia 18 hingga 26 tahun yang berdomisili di Yogyakarta. Pemilihan responden dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengambilan data menggunakan metode skala. Adapun skala yang digunakan ada 2 yaitu (1) Skala kecanduan internet yang disusun berdasarkan teori dari Beard dan Wolf, Goldberg, Neumann, Soule dan Kleen, Stanton, dan Young (Sally, 2006, terdiri dari 38 aitem dengan koefisien korelasi aitem total bergerak antara 0,284 dan 0,8470, serta koefisien korelasi Alpha sebesar 0,951 dan (2) Skala Big Five Personality yang dibuat dengan mengacu pada teori Goldberg (2006), terdiri dari 43 aitem dengan koefisien korelasi aitem total bergerak antara 0,195 dan 0,6670 serta koefisien korelasi Alpha sebesar 0.892. Metode analisis yang digunakan adalah teknik analisis Regresi. Perhitungannya dilakukan dengan program SPSS 12 for Windows. Hasilnya menunjukkan ada hubungan positif antara factor neuroticism, openness to experience dan agreeableness dengan kecanduan internet dan ada hubungan negatif antara faktor extraversion dan conscientiousness dengan kecanduan internet. Koefisien korelasi factor neuroticism dengan kecanduan internet adalah 0,339 dengan p=0,000 (p[0,05), faktor openness to experience dengan kecanduan internet adalah 0,166 dengan p= 0,44 (p[0,05), faktor agreeableness dengan kecanduan internet adalah 0,196 dengan p= 0,22 (p[0,05). Jadi, hipotesis diterima. Kata kunci: Big five personality, Kecanduan internet

Lokasi : Perpustakaan Pusat UII
Jenis : Skripsi
DDC : 158.1

Penerbit : UII
Tahun Terbit : 2011

ISBN / ISSN : 04320134 /
Jumlah Eksemplar : 0
Jumlah Tersedia : 0
Jumlah Ditempat : 0

Informasi Digital
Abstrak : abstract.pdf
Cover : cover.pdf
Daftar isi : daftar isi.pdf
Preliminary : preliminari.pdf

Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, Jl Kaliurang KM 14,4 Besi Sleman Yogyakarta 55584 - Indonesia
Telp: +62 274 898444 fax:898459
Copyright @Maret 2011 Digital Library Universitas Islam Indonesia