Philosophy, paranormal phenomena, psychology

Informasi Detail

Call Number : 153.1 Fah a 1
Judul : Adversity Quotient (AQ) dan Motivasi Berprestasi pada Siswa Program Akselerasi dan Program Reguler
Judul Asli :
Judul Seri :

Pengarang : FAHMI SUHEIL FAHMI
PEMBIMBING: Rachmahana Ratna Syifa'a
Subyek : 1.INGATAN DAN BELAJAR

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat motivasi berprestasi antara siswa program akselerasi dan siswa program reguler dengan mengontrol Adversity Quotient (AQ). Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada perbedaan tingkat motivasi berprestasi pada siswa program akselerasi dan siswa program reguler dengan mengontrol Adversity Quotient (AQ). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 54 siswa dari kelas program akselerasi dan 58 siswa dari kelas program reguler Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Yogyakarta. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah dibuat sendiri oleh peneliti. Adapun skala yang digunakan adalah skala Adversity Quotient (AQ) dengan mengacu pada aspek-aspek yang dikemukakan oleh Stoltz (2000) dan indikator perilaku Quitter, Camper dan Climber menurut Faqih (2007). Dan skala Motivasi Berprestasi dengan mengacu pada aspek-aspek yang dikemukakan McClelland dalam Kartika dkk (2000). Metode analisis data yang digunakan menggunakan program SPSS 13.0 untuk menguji hipotesis apakah terdapat perbedaan tingkat motivasi berprestasi pada siswa program akselerasi dan siswa program reguler dengan mengontrol Adversity Quotient (AQ). Hasil uji beda (uji-t) Adversity Quotient (AQ) pada siswa program akselerasi dan program reguler menunjukkan t = 0,243 dan p = 0,809 (p]0,05). Sedangkan motivasi berprestasi pada siswa program akselerasi dan program reguler diperoleh t = 0,262 dan p = 0,794 (p]0,05). Hasil analisis ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan antara tingkat Adversity Quotient (AQ) dan tingkat motivasi berprestasi pada siswa program akselerasi dan program reguler. Hasil uji anakova menunjukkan F = 5403,079 dengan p = 0,000 (p[0,01). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat motivasi berprestasi yang sangat signifikan antara siswa program akselerasi dan program reguler dengan mengontrol Adversity Quotient (AQ). Hipotesis penelitian diterima. Kata Kunci : Adversity Quotient (AQ), motivasi berprestasi, siswa program akselerasi,siswa program reguler.

Lokasi : Perpustakaan Pusat UII
Jenis : Skripsi
DDC : 153.1

Penerbit : Fakultas Psikologi UII
Tahun Terbit : 2008

ISBN / ISSN : /
Jumlah Eksemplar : 1
Jumlah Tersedia : 0
Jumlah Ditempat : 0

Informasi Digital
Abstrak : abstract.pdf
Cover : cover.pdf
Daftar isi : daftar isi.pdf
Preliminary : preliminari.pdf

Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, Jl Kaliurang KM 14,4 Besi Sleman Yogyakarta 55584 - Indonesia
Telp: +62 274 898444 fax:898459
Copyright @Maret 2011 Digital Library Universitas Islam Indonesia